Pembuatan dan service panel listrik

HARGA PANEL KAPASITOR BANK

|

Panel Kapasitor bank berfungsi sebagai penyuplai daya reaktif (VAR) untuk beban-beban induktif seperti motor listrik (pompa air, mesin cuci, AC), ballast lampu dan trafo, yaitu peralatan listrik yang memiliki kumparan.
Pada pelanggan listrik perumahan, penggunaan kapasitor bank ini tidak terlalu berpengaruh pada biaya pemakaian listrik. Hal ini karena PLN tidak menerapkan denda/penalty atas kelebihan pemakaian daya reaktif (VAR : Volt Ampere Reactive). Pemakaian daya reaktif diukur dengan menggunakan kVARh-meter, dimana di perumahan hanya terpasang kWh-meter sebagai pengukur daya aktif.  Jadi, dibandingkan dengan biaya pemasangan dan perawatan, kapasitor bank ini tidak terlalu ekonomis untuk dipakai di perumahan.
MELAYANI PEMBUATAN PANEL KAPASITOR BANK
PANEL KAPASITOR BANK
Daya reaktif ini diperlukan untuk pemagnetan di dalam kumparan/lilitan. Sedangkan daya listrik yang dikonversikan menjadi tenaga disebut dengan daya aktif (Watt). Untuk lebih jelasnya, bisa lihat artikel “Daya Listrik PLN : 1300Watt atau 1300VA?”

Penggunaan kapasitor sebetulnya untuk memperbaiki faktor daya listrik, karena kapasitor mengurangi daya reaktif yang mengalir dari PLN. Sekaligus juga mengurangi lonjakan daya listrik saat start motor listrik.

Pengaruh yang cukup signifikan atas penggunaan kapasitor bank ini bisa dirasakan pada pelanggan listrik industri/pabrik, oleh karena ada denda/penalty yang diterapkan oleh PLN untuk kelebihan daya reaktif (VAR) berdasarkan pengukuran oleh kVARh-meter. Karena kapasitor bank berfungsi menyuplai daya reaktif ke jaringan pelanggan sehingga mengurangi pemakaian daya reaktif dari PLN dan bisa terhindar dari penalty
 Panel juga berfungsi mengoptimalkan catu daya yang tersedia disamping itu berfungsi untuk :
  • - Mengurangi denda daya dari PLN jika power factor kurang dari 0,85
  • - Mengurangi disipasi panas pada kabel power
  • - Menaikkan tegangan jatuh pada rangkaian cabang akhir

Tambahan untuk Penggunaan kapasitor:
  • Untuk pemakaian di rumah, kapasitor sebaiknya “dicangkok” pada beban artinya kapasitor hanya akan ON jika beban ON. Beban yang perlu dipasang kapasitor hanya beban induktif (misal motor jet pump) dan ukurannya pun harus sesuai dengan spesifikasi beban tersebut. Kapasitor yang terlalu besar akan mengakibatkan arus yang mengalir menjadi lebih besar bukan malah mengurangi arus.
  • Untuk contoh dari Pak Didik:Pada saat kompresor AC dan Kulkas bekerja, dengan pemasangan kapasitor memang arus akan menjadi lebih kecil. Namun ketika suhu tercapai dan kompresor nya “idle”dengan kondisi kapasitor tetap ON maka arus listrik yang mengalir akan menjadi lebih besar dibandingkan ketika tanpa kapasitor.

  • Jika menggunakan KWH meter digital, akan dapat dengan jelas dilihat bahwa KWH terukur akan sama nilainya untuk beban yang memakai Kapasitor ataupun tidak
  • Untuk Pemakaian di Industri, kapasitor lebih difungsikan untuk menghilangkan penalty atau denda KVARH dari PLN. untuk fungsi lain tidak terlalu signifikan, misalnya:
  • Mengurangi arus start –> di Industri, fungsi ini tidak bisa dilakukan oleh kapasitor bank. Hal ini dikarenakan panel Automatic capacitor bank membutuhkan waktu 10 detik (settable) untuk meng ON kan kapasitor sesuai kebutuhan, sedangkan arus start hanya berlangsung pada beberapa mili second pertama. Untuk Arus start ini diatasi dengan rangkaian START DELTA, soft starter atau Inverter
  • Mengurangi Losses –> Umumnya Panel Kapasitor Bank dipasang di LVMDP yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Trafo. Artinya pengurangan Losses penghantar juga tidak terlalu signifikan. Pengurangan arus karena kapasitor hanya sepanjang kabel dari LVMDP ke Trafo (meter PLN) sedangkan arus dari LVMDP ke Beban tetap besar
SERVICE PANEL KAPASITOR BANK
SERVICE PANEL KAPASITOR BANK

Proses Kerja Kapasitor
Kapasitor dipasang paralel dengan rangkaian beban. Bila rangkaian itu diberi tegangan maka elektron akan mengalir masuk ke kapasitor. Pada saat kapasitor penuh dengan muatan elektron maka tegangan akan berubah. Kemudian elektron akan ke luar dari kapasitor dan mengalir ke dalam rangkaian yang memerlukannya, dengan demikian pada saat itu kapasitor membangkitkan daya reaktif. Bila tegangan yang berubah itu kembali normal maka kapasitor akan menyimpan kembali elektron. Pada saat kapasitor mengeluarkan elektron berarti sama juga kapasitor menyuplai daya reaktif ke beban. Karena beban bersifat induktif/+ sedangkan daya reaktif bersifat kapasitif/- , akibatnya daya reaktif yang berlaku menjadi kecil. Intinya kapasitor dapat mengurangi lonjakan/hentakan daya listrik, karena kapasitor dapat menyimpan suatu daya listrik.
 HARGA KAPASITOR BANK :
1. Panel Kapasitor Bank 15kVAr, 3 Phase, 400 V, 6 Step        : Rp.13.000.000,-
2. Panel Kapasitor Bank 30kVAr, 3 Phase, 400 V, 6 Step        : Rp.16.000.000,-
3. Panel Kapasitor Bank 50kVAr, 3 Phase, 400 V, 5 Step        : Rp.25.000.000,-
4. Panel Kapasitor Bank 90kVAr, 3 Phase, 400 V, 6 Step        : Rp.33.000.000,-
5. Panel Kapasitor Bank 150kVAr, 3 Phase, 400 V, 6 Step      : Rp.44.000.000,-
6. Panel Kapasitor Bank 200kVAr, 3 Phase, 400 V, 8 Step      : Rp.55.000.000,-
7. Panel Kapasitor Bank 250kVAr, 3 Phase, 400 V,10 Step     : Rp.64.000.000,-
8. Panel Kapasitor Bank 400kVAr, 3 Phase, 400 V, 12 Step    : Rp.89.000.000,-
9. Panel Kapasitor Bank 600kVAr, 3 Phase, 400 V, 12 Step    : Rp.121.000.000,-
SPESIFIKASI MATERIAL PANEL :
  • -Box Panel Standing
  • -Load Break Switch
  • -Capacitor bank GAE
  • -Power factor controler
  • -Magnetic contactor capacitor
  • -MCCB dan MCB
  • -Auto dan manual
  • -Dilengkapi dengan fan pendingin

Dengan kualitas yang sangat bagus dan efisiensi kerja kami siap memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen yang menetapkan standar tinggi. Semoga kehadiran kami bermanfaat dan memberi kemudahan bagi anda.
Untuk konfirmasi harga panel KAPASITOR BANK kami perlu spek panel yang anda inginkan sehinga kami bisa estimasi  harga panel kapasitor bank  per unitnya.
HUBUNGI KAMI
PANEL MAKER
ELECTRICAL PANELINDO
Kunjungi kami juga di : INFO PANEL MAKER

Related Posts